• Jumat, 19 Agustus 2022

Bantu Nelayan, BMKG Ciptakan Aplikasi untuk Mengetahui Posisi Ikan

- Selasa, 28 Juni 2022 | 23:01 WIB
Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan (Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan)
Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan (Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan)

BERITAKARYA.ID, CILEGON - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menciptakan aplikasi untuk membantu nelayan menemukan spot yang banyak ikannya di laut.

Aplikasi BMKG tersebut juga berguna untuk memandu nelayan saat berlayar. Dua aplikasi itu dipaparkan dalam Sekolah Laut Cuaca Nelayan atau SLCN bagi warga yang biasa bekerja menangkap ikan di laut lepas wilayah Selat Sunda, Selasa 26 Juni 2022.

Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan mengatakan, Perairan Selat Sunda memiliki potensi perikanan yang cukup besar yang bisa dimanfaatkan oleh para nelayan dengan tetap menjaga keselamatannya.

Baca Juga: Kisah Umar bin Khattab Marahi Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

"Ini menjadi sangat penting, terutama untuk keselamatan mereka," katanya.

Selain itu, kata Edison, BMKG juga tengah menggarap dua aplikasi yang dapat dipakai nelayan dalam mencari titik-titik ikan yang berkumpul.

"Kami juga sudah menerapkan aplikasi dari BMKG, kita harapkan nanti bisa memanfaatkan aplikasi tersebut terutama untuk mengetahui posisi ikan yang ada di sekitar Perairan Selat Sunda," ujarnya.

Baca Juga: Viral! Gagal Hentikan Hujan Saat Konser NOAH di Festival Bandung, Netizen Sebut Remot Ac Mbak Rara Rusak

Kedua aplikasi yang dibangun itu di antaranya, Info BMKG dan Ina-Wave yang dapat membantu nelayan saat berlayar. Di aplikasi itu juga, nelayan dapat mengetahui lokasi berkumpulnya ikan sehingga potensi tangkapan bisa maksimal.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Persen Laka Lantas di Cilegon Terjadi di JLS

Kamis, 7 Juli 2022 | 22:02 WIB
X