• Jumat, 19 Agustus 2022

Angka Balita Stunting Capai 24,4 Persen, BKKBN Launching Aplikasi Elsimil

- Selasa, 12 Juli 2022 | 21:20 WIB
Sestama BKKBN Pusat, Tavip Agus Rayanto usai menghadiri acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022 di Lingkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa 12 Juli 2022
Sestama BKKBN Pusat, Tavip Agus Rayanto usai menghadiri acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022 di Lingkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa 12 Juli 2022

BERITAKARYA.ID, CILEGON - Angka stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya secara nasional mencapai 24,4 persen.

Hal itu diungkapkan Sestama BKKBN Pusat, Tavip Agus Rayanto usai menghadiri acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022 di Lingkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa 12 Juli 2022.

"Kalau secara nasional masih 24,4 persen prevalensinya," katanya kepada wartawan.

Tavip mengungkapkan, BKKBN sebagai lembaga yang bertugas di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan Keluarga Berencana diberi waktu oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo agar menurunkan angka stunting hingga 14 persen pada 2024 mendatang.

Baca Juga: 40 Persen Laka Lantas di Cilegon Terjadi di JLS

Oleh karena itu, kata Tavip, pihaknya mulai melakukan pencegahan dari hulu ke hilir, termasuk telah melaunching aplikasi bernama Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil).

Tavip menerangkan, Elsimil merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mendeteksi dan memeriksa kesehatan calon pengantin tiga bulan sebelum pernikahan.

"Jadi kalau orang mau menikah harus mengisi itu dengan tujuan untuk mengetahui status kesehatan calon pengantin," terangnya.

Namun, Tavip menegaskan, apabila calon pengantin ketika diperiksa kesehatannya dinyatakan belum sehat bukan berarti pernikahannya akan ditunda.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Persen Laka Lantas di Cilegon Terjadi di JLS

Kamis, 7 Juli 2022 | 22:02 WIB
X