• Jumat, 1 Juli 2022

Kisah Adzan Pertama dan Terakhir Bilal bin Rabbah

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 07:12 WIB
Ilustrasi (Net)
Ilustrasi (Net)

BERITAKARYA.ID - Seluruh ummat Islam tahu atau setidaknya pernah mendengar nama Bilal bin Rabbah, orang yang mengumandangkan adzan pertama pada zaman Rasulullah SAW.

Sejarah mencatat, Bilal bin Rabbah adalah seorang budak yang termasuk dalam barisan pertama yang memeluk Islam di awal dakwah Rasulullah SAW.

Untuk menambah khazanah wawasan kita tentang sahabat Rasulullah, Bilal bin Rabbah, berikut kisah Bilal bin Rabbah yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Unggah Gambar Solidaritas Palestina, Emma Watson Bikin Gerah Pejabat Israel

Bilal lahir di As-sarah sekitar 43 tahun sebelum hijrah. Ayahnya bernama Rabbah yang merupakan seorang budak. Ibunya bernama Hamamah yang juga seorang budak wanita berkulit hitam yang tinggal di Mekah.

Bilal adalah seorang budak berkulit hitam dari Habsyah (sekarang Ethiopia) yang dibesarkan di kota Ummul Qura (Mekah) milik keluarga Bani Abdud-Dar.

Perbudakan pada masa itu masih berlaku. Majikan bisa melakukan apapun terhadap budaknya. Dan jika bosan dengan budak miliknya, maka si budak bisa dijualbelikan.

Baca Juga: Mardani Ali Sera: Dukung Jakarta Tetap Ibukota Negara

Sama seperti Bilal bin Rabbah. Saat ayahnya meninggal Bilal tidak dijual tetapi diwariskan kepada Umayyah bin Khalaf, seorang tokoh penting kaum Quraisy kala itu.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Sumber: wikipedia.org, kucingaji.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X