• Sabtu, 3 Desember 2022

OJK Perkuat Perlindungan Konsumen, Simak Penjelasanya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:38 WIB
OJK perkuat perlindungan konsumen
OJK perkuat perlindungan konsumen

BERITAKARYA.ID - Otoritas Jasa Keuangan atau OJK memperkuat upaya perlindungan konsumen sektor jasa keuangan melalui penerbitan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan atau POJK Nomor 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan.

Ketentuan yang memperbarui POJK Nomor 1/POJK.07/2013 antara lain mengatur penerapan perlindungan konsumen oleh industri jasa keuangan sejak perencanaan produk, pelayanan dan penyelesaian sengketa. Selain itu, memperjelas kewajiban prinsip keterbukaan dan transparansi informasi produk dan layanan serta peningkatan perlindungan data dan informasi konsumen.

Penguatan perlindungan konsumen disampaikan Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara dalam keterangan tertulisnya abagaimana disiarkan Setkab.go.id pada Rabu, 18 Mei 2022.

Baca Juga: Denny Siregar Olok-olok UAS Soal Deportasi, Netizen: Begitulah Kalau Jadi Buzzer, Kerjanya Cuma Jelekin Orang

Substansi penyempurnaan untuk memperkuat perlindungan konsumen dan masyarakat yang tercakup dalam POJK Nomor 6/POJK.07/2022 sebagai berikut:

Pertama, Pendekatan pengaturan pada siklus hidup produk dan atau layanan (product life cycle) yang semakin mengoptimalkan upaya perlindungan konsumen dan masyarakat sejak desain produk dan atau layanan hingga penanganan dan penyelesaian sengketa.

Kedua, Penguatan prinsip perlindungan konsumen dan masyarakat antara lain mewajibkan PUJK melaksanakan 'edukasi yang memadai' sehingga meningkatkan kemampuan konsumen dan masyarakat dalam memilih produk dan layanan sektor jasa keuangan.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap Syarat Wajib Calon Jemaah Ibadah Haji 2022, Simak Penjelasan Kemenkes RI

Ketiga, Penguatan penerapan prinsip keterbukaan dan transparansi informasi melalui pengaturan bentuk, tata cara dan pengecualian penyampaian ringkasan informasi produk dan layanan.

Halaman:

Editor: Irfan Muntaha

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Roy Suryo Sentil Ruhut Sitompul, SH Kok Dungu

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:01 WIB

Terpopuler

X