• Sabtu, 3 Desember 2022

Kejari Cilegon Klaim Selesaikan Satu Perkara melalui Pendekatan Restorative Justice

- Kamis, 23 Juni 2022 | 23:56 WIB
Kajati Banten, Leonard Eben Ezer Simanjuntak saat meresmikan Rumah Restorative Justice di Kota Cilegon
Kajati Banten, Leonard Eben Ezer Simanjuntak saat meresmikan Rumah Restorative Justice di Kota Cilegon

BERITAKARYA.ID, CILEGON - Plt Kajari Cilegon, Lanna Hany Wanike Pasaribu mengungkapkan bahwa Kejari Cilegon telah berhasil menyelesaikan satu kasus perkara pidana melali penegakan Restorative Justice.

Hal itu dikatakan Lanna Hany Wanike Pasaribu saat peresmian Rumah Restorative Justice di Kota Cilegon, Kamis 23 Juni 2022.

"Kejaksaan Negeri Cilegon telah berhasil melakukan penyelesaian perkara dengan pendekatan keadilan restorative atau restorative justice pada kasus pidana pelanggaran Undang-Udang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang diselesaikan dengan upaya perdamaian terhadap tersangka dan korban pada hari senin 15 februari 2021 bertempat di kantor Kejaksaan Negeri Cilegon," tuturnya.

Baca Juga: Kisah Umar bin Khattab Marahi Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Perkara tersebut dihentikan berdasarkan keadilan restorative karena terpenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana, hukuman pidana tidak lebih dari 5 tahun dan niai kerugiannya tidak lebih dari Rp2,5 juta.

"Serta memenuhi kerangka pikir keadilan restorative yaitu kerugian dan akibat yang ditimbulkan tindak pidana telah dipulihkan dalam keadaan semula serta adanya perdamaian antara korban dan tersangka," terangnya.

Dia menambahkan bahwa Rumah Restorative Justice yang diresmikan sesuai dengan Peraturan Kejaksaan atau Perja Nomor 15 Tahun 2020 yang disandingkan dengan keputusan Walikota Cilegon.

Baca Juga: Kisah Abdullah bin Masud Pemegang Rahasia Rasulullah Ungkap Keutamaan Surah Alwaqiah

"Peresmian Rumah Restorative Justice ini merupakan amanat dari Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia No 15 tahun 2020 tentang penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restorative yang disandingkan juga dengan keputusan Walikota Cilegon mengenai Penetapan Kampung RJ dan Peresmian Rumah RJ yang ditetapkan pada tanggal 15 Februari 2021," kata Lanna Hany Wanike Pasaribu.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Roy Suryo Sentil Ruhut Sitompul, SH Kok Dungu

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:01 WIB

Terpopuler

X