• Jumat, 19 Agustus 2022

Komite Anti Dumping Komit Berantas Praktik Dumping

- Kamis, 7 Juli 2022 | 21:18 WIB
KADI memberikan asistensi terkait praktik dumping
KADI memberikan asistensi terkait praktik dumping

BERITAKARYA.ID, CILEGON - Damping atau penjualan barang dari luar negeri (impor) yang lebih murah harganya dibandingkan harga di dalam negeri menjadi masalah yang menakutkan bagi industri dalam negeri..

Komite Anti Dumping Indonesia atau KADI berkomitmen memberikan perlindungan kepada para pelaku usaha dan industri dalam negeri yang curiga atau terdampak dari tindakan dumping.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KADI, Dona Gultom usai acara Asistensi Kepada Dunia Usaha Tentang Penyelidikan Anti Dumping yang digelar di hotel The Royale Krakatau, Rabu 7 Juli 2022.

Praktik dumping merupakan tindakan banting harga suatu produk di pasar impor luar negeri daripada harga di pasar domestik negara tersebut yang dilakukan oleh eksportir dari suatu negara atau perusahaan.

Baca Juga: Viral! Pria Asal Inggris Adam Muhammad Jalan Kaki ke Makkah untuk Ibadah Haji

Dona mengungkapkan, KADI merupakan lembaga otoritas yang ditugaskan oleh pemerintah untuk melayani pelaku usaha atau industri dalam negeri kita yang mengalami desakan barang impor murah karena dumping.

Oleh karena itu, pihaknya bersedia memberikan bantuan dan perlindungan kepada para pelaku usaha dan industri dalam negeri yang terdampak dumping yang dilakukan oleh suatu negara atau perusahaan luar negeri.

"Karena kalau industri dalam negeri kita tahu kayanya ini ada permainan curang dia kan gak bisa buktikan, dia gak bisa melakukan penyelidikan, dia gak berhak melakukan penyelidikan itu ke negara pengekspor tapi kita bisa," terang Dona.

Dia menambahkan, KADi yang akan melakukan proses itu, tetapi semuanya ada persyaratannya.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Tags

Terkini

X