• Jumat, 1 Juli 2022

5 Cara Memutihkan Kulit Secara alami, Bisa Dilakukan di Rumah Tanpa Ribet dan Nguras Kantong

- Kamis, 12 Mei 2022 | 09:59 WIB
Ilustrasi memutihkan kulit secara alami (Pixabay)
Ilustrasi memutihkan kulit secara alami (Pixabay)

BERITAKARYA.ID - Memiliki kulit putih dan cerah adalah satu satu idaman para wanita.

Banyak orang-orang yang melakukan perawatan ke dokter atau mengkonsumsi obat-obat demi memiliki kulit putih bersih.

Namun, ada beberapa cara untuk bisa mencerahkan kulit secara alami tanpa harus melakukan perawatan ke dokter.

Kulit kusam sendiri diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu penumpukan sel kulit mati, paparan sinar matahari, dehidrasi atau kulit kering.

Baca Juga: Cara Cegah Penyakit Hepatitis Akut Berat Mirip yang Diterapkan Saat Cegah Penularan Covid-19

Mengutip dari Alodokter.com ada 5 cara alami untuk mencerahkan kulit. Sebagai berikut:

Berbagai bahan alami dipercaya berkhasiat memutihkan kulit. Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa Anda coba:

1. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang sejak dahulu digunakan sebagai campuran lulur atau masker untuk mencerahkan kulit. Faktanya, kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki efek mencerahkan, terutama pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Atasi Rambut Rontok Secara Alami

Untuk mendapatkan kulit yang nampak lebih putih, campurkan parutan kunyit dengan madu dan yogurt, lalu aplikasikan sebagai masker. Agar kulit cerah maksimal, gunakan masker kunyit selama minimal 4 minggu.

2. Kedelai

Isoflavon dalam kedelai memiliki efek pencerah, antioksidan, dan anti penuaan dini. Selain itu, kedelai juga dapat melindungi kulit dari kekusaman dan kerusakan akibat paparan sinar UVB matahari.

Studi mengungkapkan bahwa pemakaian pelembab wajah yang mengandung ekstrak kedelai selama 12 minggu, berkhasiat dalam meratakan warna kulit, memudarkan bintik hitam dan garis-garis halus, serta memperbaiki tekstur kulit.

Baca Juga: Cara Cegah Penyakit Hepatitis Akut Berat pada Anak

Sebagai cara memutihkan kulit secara alami, tumbuk atau blender kedelai hingga halus. Lalu campurkan sedikit air sampai membentuk pasta. Oleskan pasta kedelai pada kulit, diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat mengurangi bercak hitam serta meredakan jerawat. Cara memutihkan kulit secara alami menggunakan cuka apel dapat dilakukan secara rutin 1–2 kali sehari

Caranya, encerkan cuka apel menggunakan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan larutan tersebut ke kulit, diamkan selama 2–3 menit, lalu bilas.

Baca Juga: Cara Atasi Bopeng Diwajah Akibat Jerawat, Yuk Simak!

3. Teh hijau

ECGC (Epigallocatechin-3-gallate) merupakan salah satu zat aktif yang terdapat dalam teh hijau. Zat ini bersifat antioksidan dan memiliki kemampuan sebagai pencerah kulit.

Penelitian menunjukkan, ekstrak teh hijau dapat mengobati melasma atau bintik-bintik hitam di wajah. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mengatasi kerusakan DNA akibat paparan sinar UV, mencegah penuaan dini, kemerahan, iritasi, serta melembabkan kulit.

Cara memutihkan kulit secara alami menggunakan teh hijau bisa dilakukan dengan mengolahnya menjadi masker. Campurkan 1 sendok makan (sdm) bubuk teh hijau dengan 1 sdm madu dan 1 sdm gula pasir. Oleskan masker tersebut ke wajah, diamkan selama 10–15 menit, lalu bilas.

Baca Juga: Cara Hilangkan Pegal-pegal Usai Mudik Lebaran

5. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloin, yaitu senyawa yang dapat memutihkan kulit dengan cara menghambat pembentukan melanin. Untuk memutihkan kulit secara alami, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya murni sebelum tidur. Lalu bilas menggunakan air hangat keesokan paginya.

Beberapa bahan di atas biasanya dapat ditemukan dalam produk pencerah kulit. Namun, tidak ada salahnya mencoba bahan alami tersebut tanpa campuran bahan kimia.

Hanya saja, perlu diingat bahwa cara memutihkan kulit secara alami di atas tidaklah instan dan membutuhkan studi lebih lanjut. Efeknya mungkin lebih lama dibandingkan menggunakan produk pencerah yang aman sekalipun.

Baca Juga: Simak! 5 Cara Atasi Wajah Bengkak Bangun Tidur

Itulah beberapa cara untuk memutihkan kulit secara alami, semoga membantu dan bermanfaat.***

Editor: Siti Masyitoh

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Hilangkan Komedo Secara Alami, Mari Disimak

Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:48 WIB

Ini Cara untuk Para Ibu agar Anak Nafus Makan

Rabu, 8 Juni 2022 | 17:44 WIB

Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 29 Mei 2022 | 12:28 WIB
X