• Sabtu, 3 Desember 2022

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasan Berikut

- Kamis, 26 Mei 2022 | 14:18 WIB
Ilustrasi manfaat buah tomas untuk kesehatan. (Image: Freepik/8photo)
Ilustrasi manfaat buah tomas untuk kesehatan. (Image: Freepik/8photo)

BERITAKARYA.ID - Sebagian orang hanya mengetahui manfaat dari buah tomat hanya untuk kesehatan mata. Padahal manfaat buah tomat untuk kesehatan memiliki bnayak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya buah tomat untuk kesehatan bisa juga untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sebagaimana dikutip dari alodokter.com.

Jenis buah tomat untuk kesehatan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Tomat mengandung antioksidan berupa likopen yang baik untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung.

Baca Juga: Cara Menghadapi Orang Munafik, Simak dan Pahami Dibawah Ini

Kedua, menurunkan dan mengontrol tekanan, mengonsumsi makanan kaya kalium, termasuk tomat, bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium di dalam tomat yang mampu mengurangi efek natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Ketiga, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, kandungan lutein dan likopen di dalam tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Efek ini menjadikan tomat sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Keempat, mencegah penuaan dini pada kulit, beberapa studi menyatakan bahwa kandungan karotenoid dan likopen di dalam tomat dapat mencegah penurunan produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen.

Baca Juga: Profil Joy Red Velvet Artis Cantik Asal Korea Selatan yang Akan Bintangi Drama Baru Unexpected Country Diary

Manfaat tomat ini dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan munculnya kerutan maupun garis-garis halus, kulit kendur, dan kulit tampak kusam.

Halaman:

Editor: Irfan Muntaha

Sumber: alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Hilangkan Komedo Secara Alami, Mari Disimak

Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:48 WIB

Ini Cara untuk Para Ibu agar Anak Nafus Makan

Rabu, 8 Juni 2022 | 17:44 WIB

Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 29 Mei 2022 | 12:28 WIB

Terpopuler

X