• Sabtu, 3 Desember 2022

Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome? Penyakit yang Dialami Justin Bieber

- Minggu, 12 Juni 2022 | 21:12 WIB
Ramsay Hunt Syndrome, Kondisi Langka Kelumpuhan Wajah yang Dialami Justin Bieber (instagram/justinbieber)
Ramsay Hunt Syndrome, Kondisi Langka Kelumpuhan Wajah yang Dialami Justin Bieber (instagram/justinbieber)

BERITAKARYA.ID - Justin Bieber mengumumkan bahwa dirinya terkena penyakit Ramsay Hunt Syndrome yang mengakibatkan separuh wajahnya lumpuh total.

Ramsay Hunt syndrome memiliki nama lain zoster geniculate, herpes zoster oticus, dan herpes geniculate ganglionitis adalah penyakit yang diakibatkan oleh komplikasi herpes zoster atau cacar api.

Dikutip dari hellosehat.com, Penyakit Ramsay Hunt Syndrome dapat terjadi pada seseorang yang sembuh dari cacar air karena cacar api juga berasal dari virus yang sama dengan cacar air yaitu varicella zoster.

Baca Juga: Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh Akibat Penyakit Ramsay Hunt Syndrome

Virus ini diyakini menginfeksi saraf wajah yang terletak dekat telinga bagian dalam. Ini yang menyebabkan terjadinya iritasi dan pembengkakan pada saraf-saraf tersebut.

Terdapat 2 gejala utama dari Ramsay Hunt syndrome, yaitu Ruam kemerahan yang terasa sakit dengan bintil-bintil berisi cairan, di dalam dan sekitar telinga, serta Paralisis atau kondisi lumpuh pada bagian wajah yang terdapat ruam.

Gejala lain dari penyakit ini yaitu sakit telinga, pendengaran memburuk,telinga berdengung (tinnitus), kesulitan menutup salah satu mata, merasa seperti berputar (vertigo), perubahan pada indra pengecap, atau kehilangan kemampuan mengecap makanan,mulut dan mata kering.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Keluarga Ibarat Baterai dan Pengisi Energi, Apa Maksudnya?

Pengobatan untuk penyakit ini bisa dilakukan 3 hari sejak munculnya gejala pertama sehingga bisa meminimalisir resiko terjadinya komplikasi.

Halaman:

Editor: Siti Masyitoh

Sumber: hellosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Hilangkan Komedo Secara Alami, Mari Disimak

Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:48 WIB

Ini Cara untuk Para Ibu agar Anak Nafus Makan

Rabu, 8 Juni 2022 | 17:44 WIB

Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 29 Mei 2022 | 12:28 WIB

Terpopuler

X