• Kamis, 29 September 2022

Salah Satu Warga Cilegon Diduga Terjangkit Cacar Monyet, Warga Diimbau Tidak Resah

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Cilegon, dr Ratih Purnamasari mengungkapkan salah satu warga Cilegon terdeteksi terjangkit cacar monyet
Kepala Dinas Kesehatan Cilegon, dr Ratih Purnamasari mengungkapkan salah satu warga Cilegon terdeteksi terjangkit cacar monyet

BERITAKARYA.ID, CILEGON - Seorang warga Cilegon berinisial Y diduga bergejala tidak spesifik cacar monyet atau monkeypox saat memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Pulomerak pada Senin, 8 Agustus 2022 lalu.

Monkeypox merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus jenis genus orthopox dalam famili Poxviridae.

Penyakit itu awal mulanya berasal dari monyet yang menular kepada manusia dan dapat menyebar ke manusia lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Cilegon, dr Ratih Purnamasari mengatakan, meski warga tersebut bergejala tidak spesifik monkeypox, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan penunjang sesuai dengan Surat Edaran yang diterbitkan Kementerian Kesehatan atau Kemenkes tentang pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit monkeypox.

Baca Juga: Ramah Lansia Rumah Zakat Sukses Gelar Lomba Senam Lansia

"Kami tetap melakukan pemeriksaan penunjang (laboratorium). Tim surveillance Puskesmas melaporkan ke tim surveillance Dinkes Kota Cilegon kemudian pada tanggal 8 agustus 2022 pukul 10.30 WIB, tim Dinkes ke Puskesmas dan dengan tim surveilance Puskesmas melakukan investigasi dan pelacakan kontak erat," katanya kepada wartawan saat konferensi pers di kantor Dinkes Cilegon, Kamis 11 Agustus 2022.

Ratih menambahkan, Analis Laboratorium Puskesmas Pulomerak juga telah melakukan pengambilan sampel swab orofaring, swab krusta lesi, dan pengambilan serum darah. Sampel itu kemudian telah dikirim ke LABKESDA Kota Cilegon untuk dikirim ke LITBANGKES Jakarta.

"Hasilnya belum keluar, baru dikirim. Kapan keluarnya kita belum tau pasti, dikirimnya pada hari ini tadi pagi oleh LABKESDA," ujarnya.

Atas temuan gejala tersebut Ratih mengimbau masyarakat tak perlu resah dan tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan jaga jarak.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Hilangkan Komedo Secara Alami, Mari Disimak

Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:48 WIB

Ini Cara untuk Para Ibu agar Anak Nafus Makan

Rabu, 8 Juni 2022 | 17:44 WIB

Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 29 Mei 2022 | 12:28 WIB

Terpopuler

X