• Jumat, 1 Juli 2022

Beberapa Aturan yang Wajib Dilakukan Agar Qurban Diterima, Jangan Asal Beli Hewan Qurban!

- Kamis, 23 Juni 2022 | 16:17 WIB
Aturan berqurban agar diterima saat malaksanakan Ibadah Qurban (Pixabay)
Aturan berqurban agar diterima saat malaksanakan Ibadah Qurban (Pixabay)

BERITAKARYA.ID - Sebentar lagi dan tinggal menghitung hari, umat islam akan menjalankan ibadah Haji dan Qurban bagi yang mampu.

Ibadah Haji terdapat dalam rukun islam yang ke 5, namun Allah menjelaskan pelaksanaan Haji dan Qurban wajib hukumnya dilakukan hanya bagi yang mampu saja. Bagi yang tidak mampu tidak wajib.

Melansir daru Rumaysho.com, dalam ibadah qurban mesti dilakukan sesuai tuntunan. Jika tidak, akan membuat qurban tersebut menjadi tidak diterima. Cobalah ambil pelajaran dari orang yang menyembelih qurban sebelum Shalat Idul Adha, ia hanya ingin sarapan pagi dengan hewan qurbannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata pada orang tersebut.

Baca Juga: Hukum Laksanakan Qurban dengan Cara Patungan Namun Tidak Sama Jumlah Rupiahnya, Apakah Sah?

شَاتُكَ شَاةُ لَحْمٍ

“Kambingmu hanyalah kambing biasa (namun bukan kambing qurban).” (HR. Bukhari, no. 955)

Beberapa aturan qurban di antaranya:

1. Dalam aturan qurban sapi bisa dengan patungan tujuh orang. Adapun kambing hanya boleh dari urunan satu orang, tidak boleh kambing dengan urunan satu kelas atau satu sekolah atau satu perusahaan atau satu rombongan RT. Status yang ada jika melebihi dari aturan adalah daging biasa, bukan daging qurban.

2. Begitu pula dalam qurban mesti menghindarkan cacat yang tidak sah yaitu buta sebelah yang jelas butanya, pinjang yang jelas pinjangnya, sakit yang jelas sakitnya dan kurus sehingga tidak ada sumsum tulang.

Halaman:

Editor: Siti Masyitoh

Sumber: Rumaysho.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X