• Minggu, 14 Agustus 2022

Kisah Ashabul Kahfi yang Tertidur dalam Gua Selama 309 Tahun

- Jumat, 24 Juni 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi Ashabul Kahfi yang tertidur selama 309 tahun (sanadmedia.com)
Ilustrasi Ashabul Kahfi yang tertidur selama 309 tahun (sanadmedia.com)

BERITAKARYA.ID - Kisah ini menjadi bukti nyata saat iman tertancap kuat di hati seseorang. kisah Ashabul Kahfi termasuk tanda-tanda kebesaran Allah SWT. 

Ashabul Kahfi merupakan kisah yang sangat istimewa, sehingga Allah SWT mengabadikan kisanya dalam Alquran dan terpilih menjadi nama surat yakni Surat Al-Kahfi.

Surat Al-Kahfi yang merupakan surat ke-18 dalam Alquran. Allah SWT menceritakan kisah para Ashabul Kahfi atau para pemuda Kahfi yang menghindari kezaliman penguasa demi mempertahankan aqidah dan keleluasaan beribadah kepada Allah SWT.

Baca Juga: Kisah Umar bin Khattab Marahi Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Ashabul Kahfi adalah sekelompok pemuda beriman yang hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi, beberapa ratus tahun sebelum Nabi Isa AS diutus oleh Allah SWT.

Pada zaman itu, masyarakat dan pemuda Ashabul Kahfi hidup di tengah kezaliman dan di tengah masyarakat penyembah berhala.

Para pemuda Ashabul Kahfi menentang perintah raja untuk menyembah berhala, sehingga akhirnya mereka dipanggil dan dipaksa untuk mengikuti perintah raja.

Baca Juga: Kisah Abdullah bin Masud Pemegang Rahasia Rasulullah Ungkap Keutamaan Surah Alwaqiah

Meski begitu, para Ashabul Kahfi tetap menolak. Mereka akhirnya diburu oleh suruhan raja untuk dibunuh. Untungnya, Ashabul Kahfi berhasil melarikan diri dan bersembunyi di sebuah gua.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Sumber: orami.co.id

Tags

Terkini

Kedutan Pada Mata Menurut Medis

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:31 WIB

Arti Kedutan Pada Mata Menurut Primbon

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:20 WIB

Lima Hikmah Berqurban yang Patut Kita Ketahui

Senin, 4 Juli 2022 | 16:53 WIB
X