• Jumat, 19 Agustus 2022

Kapan Waku yang Tepat untuk Puasa Dzulhijjah? Rasulullah SAW Biasa Berpuasa pada Sembilan Hari Awal Dzulhijah

- Rabu, 29 Juni 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi Puasa Dzulhijjah (Pixabay)
Ilustrasi Puasa Dzulhijjah (Pixabay)

BERITAKARYA.ID – Pada bulan Dzulhijjah, Allah SWT mengundang umatnya untuk datang ke rumah Allah atau Baitullah, di Mekkah.

Pada bulan Dzulhijjah ini umat Islam dapat melaksanakan rukun Islam yakni naik Haji bagi yang mampu. Jika sudah melaksanakan ibadah haji, maka sempurnalah keislaman seseorang.

Melansir dari Rumaysho.com, seringkali ada yang bertanya, apakah ada tuntunan melakukan puasa dari hari pertama hingga hari kesembilan Dzulhijjah? Yang diketahui hanyalah puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah.

Intinya, puasa tersebut memiliki tuntunan. Adapun dalil yang menunjukkan istimewanya puasa di awal Dzulhijjah karena dilakukan pula oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana diceritakan dari Hunaidah bin Khalid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:

Baca Juga: Pernah Diterpa Isu Miring, Arya Saloka Tetap Trending Topik dan Dibanjiri Doa Baik di Hari Ulang Tahunnya

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.” (HR. Abu Daud no. 2437 dan An-Nasa’i no. 2374. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Di antara sahabat yang mempraktikkan puasa selama sembilan hari awal Dzulhijah adalah Ibnu ‘Umar. Ulama lain seperti Al-Hasan Al-Bashri, Ibnu Sirin dan Qotadah juga menyebutkan keutamaan berpuasa pada hari-hari tersebut untuk berpuasa. Inilah yang menjadi pendapat mayoritas ulama. (Latho’if Al-Ma’arif, hlm. 459)

Bagaimana dengan riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak melakukan puasa Dzulhijjah? Riwayatnya dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

Halaman:

Editor: Siti Masyitoh

Sumber: rumaysho.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kedutan Pada Mata Menurut Medis

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:31 WIB

Arti Kedutan Pada Mata Menurut Primbon

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:20 WIB

Lima Hikmah Berqurban yang Patut Kita Ketahui

Senin, 4 Juli 2022 | 16:53 WIB
X