• Kamis, 27 Januari 2022

Hati-hati, BMKG Ungkap Potensi Tsunami 8 Meter di Selat Sunda

- Rabu, 1 Desember 2021 | 15:27 WIB
Ilustrasi (Twitter @infoBMKG)
Ilustrasi (Twitter @infoBMKG)

BERITAKARYA.ID, JAKARTA - Kepala Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Dwikorita Karnawati menungkapkan bahwa Selat Sunda rawan terjadi potensi tsunami dengan ketinggian 8 meter.

Hal itu diungkapkan Dwikorita Karnawati dalam rapat bersama Komisi V di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 1 Desember 2021.

"Kami berikan informasi zona yang rawan tsunami misalnya di Cilegon Banten, tempat wisata di Selat Sunda dapat berpotensi skenario terburuk mengalami tsunami dengan ketinggian hingga 8 meter," kata Dwikorita.

Baca Juga: Anggota DPR Sentil Ahok, Ketimbang Banyak Bicara, Lebih Baik Bantu Pertamina Cari Jalan Keluar

Selain potensi tsunami di Selat Sunda, Dwikorita Karnawati juga mengungkapkan potensi lainnya jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2022 atau Nataru.

Menurutnya, BMKG melihat adanya tren pembentukan badai tropis yang semakin meningkat, dimana hampir setiap minggu terjadi badai tropis.

Menurutnya, di bulan Desember, Januari bahkan sampai Maret, akan terjadi peningkatan pembentukan badai-badai tropis yang dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap keselamatan transportasi dan masyarakat terutama pada saat Nataru.

Baca Juga: Plt Sekda Banten, Muhtarom Digugat ke PTUN

"Nah, ini juga di sebelah barat daya Bengkulu dan pengaruhnya adalah gelombang tinggi hujan lebat angin kencang dan pengarh tidak langsung tidak hanya di sekitar Sumatera Selatan atau Bengkulu, tapi sampai Aceh, dan bahkan sampai Sulawesi, Gorontalo Maluku dan Papua. Terutama karena adanya bibit siklon atau bibit badai tropis yang lain," tuturnya.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Tags

Terkini

Video Oknum PNS di Cianjur Pukuli TKS Viral

Senin, 24 Januari 2022 | 16:18 WIB

Cak Nun: Mau Pindah Ibukota, Tanya Dulu Rakyatmu

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:51 WIB

Arteria Dahlan Akhirnya Minta Maaf ke Orang Sunda

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:52 WIB

Muhammadiyah Dukung Sikap Tegas Menlu Soal Israel

Minggu, 9 Januari 2022 | 17:24 WIB
X