• Jumat, 19 Agustus 2022

Kisah Umar bin Khattab Marahi Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

- Selasa, 21 Desember 2021 | 03:51 WIB
Ilustrasi alam kubur (net)
Ilustrasi alam kubur (net)

BERITAKARYA.ID - Sayyidina Umar bin Khattab adalah sahabat Rasulullah yang terkenal tegas dan tak mengenal rasa takut.

Semasa hidupnya, Sayyidina Umar bin Khattab menjadi salah satu dari sekian sahabat yang setia menjaga Rasulullah dari berbagai ancaman.

Saking berani dan tegasnya Sayyidina Umar bin Khattab, ia berani memarahi malaikat Munkar dan Nakir yang bertugas menanyakan dan menguji iman orang yang meninggal dunia di alam kubur.

Baca Juga: Bupati Pandeglang, Irna Narulita Perintahkan Inspektorat Audit Kegiatan Dispora

Imam Jalaluddin As Suyuti dalam kitab Al-Hawi lil Fatawi mengungkapkan sebuah riwayat dari Al-Jazuli dalam kitab Syahrur Risalah bahwa suatu ketika Rasullullah SAW berbicara kepada para sahabat tentang malaikat Munkar dan Nakir.

Rasulullah menggambarkan sosok malaikat Munkar dan Nakir akan mendatangi mayit di alam kubur dengan wujud yang sangat menyeramkan.

Digambarkan bahwa malaikat Munkar dan Nakir berkulit hitam, bengis, keras dan mewakili semua sifat-sifat buruk dan menakutkan.

Baca Juga: Charta Politika Indonesia Tempatkan Ganjar Pranowo Diurutan Teratas Calon Presiden Pilihan Publik

Sabda Nabi Muhammad SAW: "Ketika seseorang telah diletakkan di dalam kuburnya, maka malaikat Munkar dan Nakir mendatanginya. Keduanya adalah malaikat yang keras, kasar, hitam kebiruan warnanya seperti malam yang gelap gulita, suaranya seperti petir yang menggelegar, matanya seperti api yang menyala-nyala, gigi-giginya seperti tombak, rambutnya terseret di atas tanah dan di kedua tangannya terdapat alat pemukul/palu jikalau jin dan manusia semua berkumpul untuk mengangkatnya maka tidak akan mampu. Kedua malaikat bertanya kepada ahli kubur tentang Rabbnya, tentang Nabinya, dan tentang agamanya”.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Sumber: Channel Youtube Ngaji Gus Baha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proses Autopsi Brigadir J Dijaga 1200 Personel

Senin, 25 Juli 2022 | 14:25 WIB
X