• Minggu, 29 Mei 2022

Unggah Meme Anies Baswedan, Ruhut Sitompul Dipolisikan

- Kamis, 12 Mei 2022 | 11:29 WIB
Ruhut Sitompul (Suara.com)
Ruhut Sitompul (Suara.com)

BERITAKARYA.ID, JAKARTA - Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev), Petrodes Mega MS Keliduan atau Mega melaporkan Ruhut Sitompul ke Polda Metro Jaya, pada Rabu 11 Mei 2022.

Ruhut Sitompul dilaporkan pemuda Papua karena dinilai telah menimbulkan kebencian antar-suku, ras dan golongan karena postingannya di media sosial miliknya.

Ruhut dilaporkan pemuda Papua dengan tuduhan pelanggaran UU ITE berkaitan dengan SARA. Diketahui, sebelumnya Ruhut Sitompul mengunggah foto Anies Baswedan yang mengenakan pakaian adat Papua.

Usut-punya usut, foto tersebut ternyata editan. Bahkan sudah ada dua netizen yang mengunggah sebelum Ruhut. Hal itu ditegaskan pakar telematika, Roy Suryo.

Baca Juga: Link Contoh Kumpulan Soal TKD dan Core Values BUMN untuk Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Dikutip beritakarya.id dari cnnindonesia.com, Kuasa Hukum Petrodus Mega MS Keliduan, Sanggam Indra Permana Sianipar mengatakan postingan Ruhut Sitompul itu dapat menimbulkan kebencian antarkelompok dan ras tertentu.

Postingan Ruhut Sitompul itu juga dinilainya hanya akan membuat stigma buruk bagi masyarakat Papua.

"Tentunya sebagai antropolog, Bung Mega sangat mengecam statement tersebut, karena hanya membuat stigma-stigma masyarakat Papua menjadi sesuatu yang patut untuk dibenci, mengingat tidak semua masyarakat terlebih masyarakat Papua suka terhadap Anies, dan Ruhut bukan bagian dari masyarakat Papua, sehingga unsur terhadap penghinaan, pencemaran, penistaan tidaklah dapat dikesampingkan," kata Sanggam.

Baca Juga: Kedatangan Jokowi di AS Tanpa Sambutan, Natalius Pigai: Datang Seperti Seorang Menteri yang Berwisata

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mesut Ozil Shalat Jumat di Masjid Istiqlal

Jumat, 27 Mei 2022 | 21:24 WIB
X