• Minggu, 29 Mei 2022

Fahira Idris: Judicial Review UU IKN ke MK adalah Hak Konstitusional Warga Negara

- Kamis, 27 Januari 2022 | 04:18 WIB
Fahira Idris
Fahira Idris

BERITAKARYA.ID, JAKARTA - Anggota DPD RI, Fahira Idris menilai bahwa adanya rencana berbagai pihak dari berbagai elemen yang hendak mengajukan judicial review UU Ibu Kota Negara atau IKN ke MK adalah hak konstitusional warga.

Menurutnya, rencana sejumlah pihak menggugat UU IKN ke MK harus dihargai oleh semua pihak. Sebab judicial review merupakan langkah yang paling tepat menyalurkan aspirasi penolakan UU IKN.

“Karena UU IKN ini sudah disahkan, maka langkah paling tepat menyalurkan aspirasi penolakan adalah melalui pengajuan uji materi ke MK. Ini adalah hak konstitusional warga negara yang harus dihormati," kata Fahira Idris seperti dikutip dari website fahiraidris.id.

Baca Juga: Dzikir dan Atmosfernya yang Seakan Menembus Langit

Di MK nanti, lanjutnya, UU IKN akan diuji mulai dari mekanisme penyusunan, pembahasan hingga pengesahannya apakah sesuai dengan aturan atau malah cacat formil.

Pasal-pasal dalam UU IKN juga akan diuji, apakah sudah sejalan dengan konstitusi negara yakni UUD 45 atau sebaliknya, bertentangan dengan UUD 45.

"Saya pribadi menghormati rencana sejumlah pihak yang akan mengajukan uji materi UU IKN ke MK,” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta.

Baca Juga: Fahri Hamzah Sindir Pihak yang Memunculkan Isu Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Jokowi

Ia menambahkan, sejumlah tokoh yang akan menggugat UU IKN ke MK itu tentu punya argumen dan dalil tersendiri.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Sumber: fahiraidris.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harapan Pemilu 2024 Ditunda Kandas

Selasa, 22 Maret 2022 | 19:28 WIB
X