• Sabtu, 3 Desember 2022

Kejati Tetapkan Presdir PT AXI Sebagai Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Komputer UNBK di Dindikbud Banten

- Rabu, 23 Maret 2022 | 22:40 WIB
Kepala Kejati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak didampingi jajaran saat konferensi pers, Rabu, 23 Maret 2022. (NEWSmedia)
Kepala Kejati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak didampingi jajaran saat konferensi pers, Rabu, 23 Maret 2022. (NEWSmedia)

BERITAKARYA.ID, SERANG - Kejati Banten kembali menetapkan satu tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan 1.800 unit komputer untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK Tahun 2018 di Dindikbud Banten.

Tersangka yang diumumkan Kejari Banten dalam pres konferensi, Rabu 23 Maret 2022 malam tadi yakni Sahat Manahan Sihombing atau SMS, Presiden Direktur atau Presdir PT Astragraphia Xprins Indonesia atau AXI yang merupakan anak perusahaan ASTRA Group.

Sahat Manahan Sihombing ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik Kejati Banten menemukan dua alat bukti yang berkaitan dengan dugaan korupsi pengadaan komputer UNBK di Dindikbud Banten.

Baca Juga: Puasa Ramadhan Tahun ini, Boleh Mudik Lebaran Serta Salat Tarawih Berjamaah di Masjid

Dalam konferensi pers, Kajati Banten, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengungkapkan, PT AXI sebagai perusahaan online marketing atau e-katalog menandatangani kontrak dengan Dindikbud Banten untuk pengadaan 1.800 unit komputer untuk UNBK tahun 2018 dengan anggaran Rp25 miliar yang bersumber dari APBD Banten.

Masalah muncul karena barang yang dipesan dan menghabiskan puluhan miliar itu tidak sesuai spresikasi yang diatur dalam kontrak. Leonard mengungkapkan, atas kegiatan tersebut negara dirugikan sebesar Rp8,9 miliar.

Tersangka Sahat M Sihombing pun langsung ditahan untuk 21 hari kedepan terhitung sejak 23 Maret 2022 sampai dengan 11 April 2022 di Rutan Kelas IIB Pandeglang. Penahanan dilakukan untuk proses penyidikan.

Baca Juga: Ukraina Dikabarkan Minta Bantuan China untuk Berunding dengan Rusia

Diketahui, sebelumnya Kejati Banten telah menetapkan tersangka dan menahan Kepala Dindik Provinsi Banten, Engkos Kosasih dan Komisaris PT CAM selaku perusahaan vendor pengadaan komputer UNBK, Ucu Supriatna.

Halaman:

Editor: Irfan Luthfi Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X